Beranda · About · Menu 1 · Menu 2

Efektivitas Pagerank Blog dewasa ini

Info Blog, google bannerBlog Infoku. Pagerank blog adalah sebuah pola analisis peringkat sebuah website atau blog yang dilakukan oleh Google search engine pada dekade dua atau tiga tahun lalu. Sejak akhir tahun 2013 atau sekitar awal tahun 2014, pihak Google tidak lagi melakukan update Pagerank blog sebagaimana yang dilakukan pada beberapa tahun sebelumnya dengan alasan yang tidak terlalu jelas. Hingga saat artikel ini dituliskan belum diperoleh informasi yang jelas tentang pengganti fasilitas Pagerank blog ini, padahal sebenarnya Pagerank blog ini cukup bagus untuk menganalisa "kualitas" sebuah website atau blog dari ber-milyard-milyard website atau blog yang ada.

Google PageRank sudah mati ?

Isu kematian Google PageRank sebenernya sudah berhembus sejak lama, tepatnya sejak bulan Oktober 2013 yang lalu. Hanya saja isu kematian pada waktu itu tidak terbukti karena pada bulan Desember 2013 ternyata Google melakukan update PageRank. Namun sudah lebih dari satu tahun semenjak terakhir diupdate, Google PageRank sampai saat ini belum melakukan update lagi.

Banyak yang menganggap bahwa Google PageRank sudah benar-benar mati dan tidak akan diupdate lagi untuk masa mendatang. Hal tersebut dikuatkan oleh pernyataan salah satu orang pihak Google, John Mueller di salah satu Videonya yang menyebutkan bahwa kemungkinan besar Google PageRank tidak akan diupdate lagi kedepannya.

Kalau beneran mati, kira-kira apa penggantinya ?

Seperti yang kita tahu selama ini Google PageRank merupakan salah satu metric atau bahasa gampangnya alat yang sering digunakan untuk mengukur seberapa ganteng sebuah blog atau website di mata Google. Semakin tinggi PageRank sebuah blog atau website maka akan semakin ganteng pula di mata Google. Tapi jika Google PageRank benar-benar sudah mati maka hal tersebut sudah tidak relavan lagi untuk dijadikan alat ukur. Kita perlu mencari alternatif lain.

Lalu apa kira-kira pengganti PageRank yang pas?

Jawabannya mudah…. BACKLINK

Backlink merupakan salah satu faktor utama yang digunakan oleh algoritma Google untuk meranking halaman web di internet. Jadi sudah pasti tidak ada metrics yang lebih bagus selain backlink untuk dijadikan sebagai penilaian seberapa ganteng atau keren sebuah blog atau website di mata Google. Tapi masalahnya…. untuk menilai kualitas sebuah backlink tidak cukup hanya dengan melihat kuantitas atau jumlahnya saja.

Kebanyakan SEOers pemula hanya melihat backlink dari jumlahnya saja. Semakin banyak backlink itu artinya semakin bagus. Padahal tidak demikian. Blog dengan 1 juta backlink bisa saja dianggap jelek oleh Google jika backlink tersebut berasal dari situs Spam. Blog dengan 10 backlink bisa saja dianggap super ganteng jika backlink tersebut berasal dari situs otoritas. Karena menilai sebuah backlink agak sulit maka kita perlu mencari alternatif lain yang bisa digunakan untuk mengukur kegantengan sebuah blog ataupun web.

Selain backlink, masih terdapat beberapa fasilitas lain yang dapat dipergunakan untuk mengukur tingkat kualitas sebuah website atau blog, yaitu dengan menggunakan Domain Authority dan Page Authority.
Domain Authority dan Page Authority adalah sebuah metric yang digunakan oleh salah satu perusahan SEO bernama Moz.com untuk memprediksi seberapa kuat sebuah domain dan juga halaman web bisa muncul pada hasil pencarian teratas mesin pencari.
Sistem penilaian Domain Authority dan Page Authority ini hampir mirip seperti Google PageRank. Jika Google PageRank menggunakan skor antara 0 sampai 10, Domain Authority dan Page Authority menggunakan skor 0 sampai 100.
Sama halnya seperti Google PagerRank, semakin tinggi Domain Authority dan Page Authority itu artinya semakin bagus.

Perbedaan Domain Authority dan Page Authority

Domain Authority dan Page Authority merupakan metric yang sama, Domain Authority khusus untuk menilai domain secara keseluruhan, sedangkan Page Authority untuk menilai halaman secara individu. Jadi jika blog sobat menggunakan subdomain gratis seperti blogspot.com atau tumblr.com maka Domain Authority blog sobat akan sama dengan blog-blog lain yang menggunakan subdomain yang sama. Yang membedakan hanya pada Page Authority.

Cara ngecek Domain Authority dan Page Authority?

Caranya sangat mudah, cukup masuk ke https://moz.com/researchtools/ose/

Kesimpulan  :
Bisa saja Google PageRank memang sudah tidak akan diupdate lagi, tapi kemungkinan tidak benar-benar mati alias masih digunakan oleh Google sebagai salah satu bagian dari Algoritma. Hanya saja PageRank tersebut sudah tidak lagi diperlihatkan untuk publik.

Artikel keren lainnya:

1 Tanggapan untuk "Efektivitas Pagerank Blog dewasa ini"

Silahkan meninggalkan komentar anda, jangan melakukan spam dan jangan meninggalkan link aktif atau meninggalkan komentar-komentar yang berbau SARA atau Pornografi.
Mohon maaf bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar.