Beranda · About · Menu 1 · Menu 2

Rahasia Meringankan dan Mempercepat Loading Blog

Blog Info, speed blogBlog Info. Perlu diketahui bahwa kecepatan atau keringanan blog termasuk 200+ faktor yang dapat mempengaruhi posisi di Serp atau Search Engine. Banyak para blogger yang selalu mementingkan penampilan blog daripada keringanan blog, dan mereka memilih template yang berat disertai widget yang berat pula. Masalah seperti ini dapat menjadi masalah yang besar karena dapat mempengaruhi pada Serp atau hasil pencarian search engine Google, dikarenakan baru-baru ini google mengeluarkan algoritma yang terbarunya yaitu
MobileGeddon yang memposisikan blog yang memiliki halaman yang ringan dan responsive, tentunya blog yang berat akan mengalami kerugian yaitu tidak akan bisa tampil pada search engine google. Kecuali, halaman blog mereka mudah diakses dan ringan, maka mudah saja untuk menempatkan diri pada search engine Google.

Banyak sekali faktor yang menyebabkan halaman blog berat dan lambat, salah satunya faktor dikarenakan gambar yang memiliki ukuran yang berat atau melebihi 10 kb, masalah seperti itu dapat mempengaruhi kecepatan blog. Bukan hanya gambar, justru script yang di luar blog juga terkena dampaknya seperti Javascript, Jquery, dan CSS, dari semua itu banyak waktu yang dibuang untuk mengakses halaman pada luar blog. Berikut, cara mengatasi blog yang berat dan lambat.

Cara Mengatasi Loading Blog yang Lambat dan Berat

Bagi para blogger pemula,  jika memiliki blog, yang utama setelah membaca artikel ini adalah bagaimana cara membuat blog menjadi ringan dan memiliki proses loading yang cepat agar dapat memposisikan diri pada search engine google. Setelah itu, memprioritaskan tampilan dan lainnya.
Pada artikel ini, saya akan menjelaskan cara membuat blog agar memiliki proses loading yang cepat dan ringan.

1. Mengkompres Gambar sebelum Diupload

Dengan mengkompres gambar, ukuran gambar akan menjadi lebih kecil dan ringan. Mengkompres gambar juga tidak akan merusak kualitas gambar itu, hanya dihilangkan beban bebannya. Nah, jika gambar dikompres lalu diupload maka halaman situs tersebut akan ringan dan tidak perlu memebutuhkan waktu lama untuk mengakses gambar. Jadi, pengunjung lebih senang mengunjungi blog anda karea keringanan dan kecepata loading blog. Itulah gambar juga faktor yang membuat lambat blog.

2. Mengkompres Template Blog

Dengan megkompres html blog juga dapat mempercepat dan meringankan loading blog. Cara kerjanya dengan memperkecil ukuran template blog, dengan baik dan tentunya tidak akan merusak tampilan template. Ini juga hal penting tentunya dapat meringankan template sehingga loading blog akan lebih cepat. Saya sudah melakukan hal ini dan hasilnya memuaskan, saya merasa template blog saya lebih kencang, tetapi itu menurut kalian.

3. Menggunakan Javascript atau CSS yang Sudah Dikompres

Ketika menggunakan javascript atau css, alangkah baiknya jika anda menggunakan javascript dan css yang telah dikompres sebelumya, pada umumnya ketika javascript atau css yang kita ambil secara external, biasanya sudah tersedia javascript atau css yang telah dikompress. Library javascript dan css biasanya berakhiran dengan kata "min.js" atau "min.css", contohnya seperti javascript_kedua_min.js atau javascript_kedua_min.css. Jika menggunakan css dan javascript yang telah dikompres, maka loading blog anda akan terlihat lebih ringan.

4. Menampilkan 4 atau 5 Artikel pada Halaman Utama (HomePage)

Pada halaman utama blog, alangkah baiknya jika artikel yang ditampilkan antara 4-5 artikel, agar mudah diakses dan  tidak butuh waktu lama untuk merayapi setiap artikel. Semakin banyak artikel yang ditampilkan pada halama utama blog, maka semakin lambat loading blog tersebut. Justru sebaliknya, jika artikel yang ditampilkan sedikit maka loading blog akan lebih cepat dan terlihat ringan.

5. Menghapus dan Mengganti CSS Reset Blogger

Dengan menghapus CSS reset yang memang awalnya menuju ke blogger, kini kita akan menghapusnya dan menggantinya, agar dapat mempercepat kecepatan loading blog. Untuk menghapusnya, kita harus masuk ke menu template editor blog kita. Cara menggantinya ialah dengan menghapus kode <b:skin><![CDATA[ dan menggantinya dengan kode berikut.
 <style type="text/css"><!-- /* <![CDATA[

6. Menghapus dan Mengganti Javascript Bawaan 

Manfaatnya sama dengan tips nomer 5 yaitu mempercepat loading blog. Biasanya javascript bawaan biasanya bawaan dari template yang kita gunakan, oleh karena itu kita harus menggantinya. Dengan cara menghapus kode </body> pada menu template editor pada blogger, dan diganti dengan kode seperti berikut.
 <!----></body>

7. Membatasi Penggunaan Widget

Blog saat ini difasilitasi widget yang dapat diletakkan pada sisi manapun blog seperti sidebar, atas, bawah, tergantung tata letak widget blog tersebut. Pakailah widget yang dianggap penting dan jangan menggunakan widget yang tidak terlalu penting seperti Jam, Tanggal, dll, karena hanya memberatkan saja. Dan saran dari saya, yaaitu menggunakan 1-2 widget dan itu adalah widget yang dianggap penting bagi blog. Widget dapat memberatkan blog dikarenakan, blog harus mengakses satu per satu widget untuk memunculkan widget tersebut pada blog, oleh karena itu jangan memasang widget terlalu banyak.

8. Menggunakan Widget Eksternal tanpa Gambar

Widget eksternal maksudnya widget yang tidak perlu untuk mengakses website lain untuk memunculkan widget tersebut. Widget eksternal misalnya seperti popular post, arsip, label, widget tersebut memang telah disediakan oleh blogger. Jika anda harus memasang widget eksternal seperti widget dari media sosial, widget layanan trafik, widget backlink, dan widget lainnya, sebaiknya hindari widget yang memiliki gambar karena dapat memberatkan blog.

Dari 8 cara diatas, semoga dapat membuat blog anda ringan dan tidak berat lagi. Semoga artikel yang saya buat ini bermanfaat untuk anda.

Artikel keren lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Rahasia Meringankan dan Mempercepat Loading Blog"

Posting Komentar

Silahkan meninggalkan komentar anda, jangan melakukan spam dan jangan meninggalkan link aktif atau meninggalkan komentar-komentar yang berbau SARA atau Pornografi.
Mohon maaf bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar.